Mengenal Saya

Foto saya
Zahrina Nurbaiti tinggal di Ulujami, Pesanggrahan. Telah berkeluarga bersama Ir. H. Rudi Lesmana. Saya biasa dipanggil Iin. email: zahrinapks@yahoo.com

Kamis, 26 Februari 2009

Zahrina: Ekonomi Rumah Tangga Muslim

Bertempat di Musholla Nurul Huda Petukangan Utara pimpinan Ustadzah Hj. Dupyati, Zahrina berkesempatan hadir untuk memberikan ceramah, Rabu tanggal 25 Februari 2009, pukul 14.00 WIB dan dihadiri 50 orang jamaah.

Acara diawali pembacaan yasin, tahlil dan pembacaan shalawat Nabi Muhammad SAW, lalu pembacaan Al Quran yang dipandu oleh pembawa acara Ibu Endang dan dilanjutkan dengan ceramah inti yang disampaikan oleh Zahrina dengan tema ‘Ekonomi Rumah Tangga Muslim’.

Zahrina Nurbaiti yang akrab dipanggil Iin menjelaskan bahwa perekonomian rumah tangga muslim mengandung beberapa keistimewaan yang membedakannya dengan sistem perekonomian rumah tangga non muslim.

Di antara keistimewaan yang terpenting adalah pertama, memiliki nilai aqidah dimana para anggota rumah tangga muslim meyakini bahwa Allah SWT telah melebihkan sebagian orang atas sebagian yang lain di dalam pemberian rezeki. Oleh Karena itu, setiap anggota keluarga harus bekerja dan mencari nafkah sesuai dengan syariat.

Kedua, berakhlak mulia artinya perekonomian rumah tangga muslim berdiri tegak atas dasar kepercayaan, kejujuran, sikap menerima apa adanya dan sabar. Seorang suami harus percaya akan harta yang telah Allah anugerahkan kepadanya serta yakin bahwa Isteri dan anak-anaknya berhak atas harta miliknya.

Ketiga, bersifat pertengahan dan seimbang maksudnya perekonomian rumah tangga muslim berdiri atas di atas dasar sikap pertengahan dalam segala perkara seperti pertengahan dalam pengaturan harta dengan tidak berlebihan dan tidak pula terlalu hemat sehingga terkesan kikir.

Acara berlangsung santai dan hangat, hal itu ditandai dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dari para jamaah Pos KK Nurul Huda. Ada yang bertanya tentang hukum dari multi level marketing juga pertanyaan di luar materi seperti hukum pergaulan dengan bukan muhrim.

Semua itu dijawab Iin dengan singkat dan jelas hingga jelang waktu ashar. Dan acara ditutup dengan doa oleh Zahrina Nurbaiti juga foto bersama dengan jamaah sebagai kenang-kenangan.


Iin berceramah di depan jamaah Pos KK Nurul Huda Petukangan Utara


Para jamaah sedang mendengarkan ceramah Iin tentang Ekonomi Rumah Tangga Islam


Jamaah mendengarkan ceramah dengan santai namun serius


Iin sedang menjawab beberapa pertanyaan dari jamaah Pos KK Nurul Huda Petut


Iin sedang menjawab pertanyaan Hj. Maryani


Iin sedang beramah tamah sebelum berpamitan pulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar